Headlines News :
Home » » PON XVIII Riau

PON XVIII Riau

Written By Unknown on Jumat, 21 September 2012 | 07.06.00

Riau sebagai tuan rumah pada PON XVIII yang telah berusaha menyiapkan segala kebutuhan fasilitas baik untuk atlet maupun pendamping, dengan dana yang besar pembangunan veneu yang terlihat belum tertata rapi namun sudah cukup memadai untuk digunakan sebagai ajang perlombaan dari berbagai cabang yang akan di lombakan. Berbagai kontingen telah datang untuk sekedar menjajal tempat pertandingan maupun menyiapkan segala sesuatu kebutuhan yang akan dipergunakan dalam pertandingan esok.
Pembukaan PON RIAU dilaksanakan dengan meriah mulai dari penari, tata lampu pengaturan formasi dibawah megahnya stadion baru riau dengan di perindah kembang api yang begitu penuh fareasi. Meski Stadion Utama Riau tidak terisi penuh, namun ini tidak mengurangi kemegahan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau XVIII Selasa, 11 September 2012. Tema acara pembukaan ini adalah "Air dan Peradaban".
Sebanyak delapan layar raksasa dipasang di kawasan Stadion Utama Riau oleh panitia. Acara pembukaan dimulai pukul 16.00 WIB. Para artis lokal Riau dan Jakarta tampil seperti band Ungu, Judika dan Rossa. 
Selain itu, ada juga paduan suara dan pergelaran senam yang melibatkan 1.100 murid Sekolah Dasar. Turut pula berpartisipasi sekitar 5.000 siswa SMP dan SMA. Mereka menampilkan tarian kolosal yang diiringi musik orkestra.
Acara pembukaan sendiri dibagi menjadi dua, yakni Pre Show dan Main Show. Pre Show yang dimulai pukul 16.00 WIB tadi di mana artis-artis lokal Riau tampil. Sedangkan Main Show dimulai sejak pukul 19.30 WIB. Yang mencuri perhatian adalah permainan teknologi di Stadion Utama Riau.










Hasil Perjuangan para kontingen berakhir sudah, pada PON kali ini dengan perjuangan tanpa hentinya akhirnya semua berbuah manis DKI berhasil merebut juara umum dari Jawa Timur, dengan raihan medali terbanyak 110 emas, 101 perak, dan 112 perunggu.
Sebelumnya Jawa Barat difavoritkan menjadi juara karena pada tengah perjalanan DKI hanya di urutan ke 3 namun semakin hari DKI terus melaju dengan perolehan emasnya. Ada cerita dibalik hasil perolehan Medali dengan beberapa pemecahan rekor berikut hasilnya.

Jumlah Kategori Rekor yang berhasil dipecahkan
* Rekor PON             137
* Rekor Nasional        9 Atletik (2), A. Besi (3) & Selam (4)
* Rekor Asia                 1 Selam
            -------------------
            TOTAL  = 147

Jumlah Atlet Cabor yang berhasil memecahkan Rekor
1. ATLETIK                   21 orang
2. RENANG                   36 orang
3. ANGKAT BESI          9 orang
4. ANGKAT BERAT  27 orang
5. MENEMBAK             7 orang
6. PANAHAN                7 orang
7. SELAM                     15 orang
             --------------
       TOTAL    122 orang

Pada acara penutupan kali ini tidak kalah megahnya dengan acara pembukaan dengan ucapan selamat dari Kepala Negara bapak SBY kepada DKI Jakarta yang telah menjadi juara umum maka penutupan di tutup dengan upacara kemegahan Provinsi Riau sebagai tuan rumah.
Berikut kemegahan penutupan PON RIAU..





Beberapa cabang yang di lombakan di PON Riau XVIII








SELAMAT KEPADA SANG JUARA DKI JAKARTA
SAMPAI JUMPA LAGI DI JAWA BARAT

Share this article :

0 komentar:

Translate

Visitors

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Extrakulikuler Ibnul Qoyyim Putra - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template