Headlines News :
Home » » Manfaat Olahraga

Manfaat Olahraga

Written By Unknown on Jumat, 18 Januari 2013 | 18.17.00


Tau g sih kamu apa manfaat olahraga untuk tubuh kita ?
bagi-bagi ilmu deeh,..
Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak.
Pentingnya olahraga bagi tubuh dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan/digerakkan. Lambat laun, bagian-bagian dari mesin akan rusak karena tidak terlatih untuk terus bergerak/bekerja.
Demikian pula tubuh, jika kurang gerak, tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga, tidak hanya otot-otot yang terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik. Mari kita lihat manfaat olahraga yang lainnya.
Berikut ini manfaat olahraga bagi tubuh perlu Anda tahu:

Mengurangi risiko berbagai penyakit
Olahraga mampu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. Berolahraga secara rutin dapat menjaga Anda dari penyakit. Jika Anda menderita penyakit tersebut, olahraga juga dapat menjaga agar penyakit tak bertambah parah, tentu dengan diawasi oleh tenaga ahli agar sesuai kemampuan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Olahraga yang dilakukan dengan teratur, akan meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh di mana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Meningkatkan Fungsi Otak
Keteraturan dalam berolahraga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Dengan olahraga, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak. Hal tersebutlah yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak.

Mengurangi stres
Berolahraga mampu membuat bahan kimia yang ada pada otak Anda menjadi lebih rileks dan merasa bahagia. Olahraga teratur juga akan membuat Anda lebih bugar dan lebih percaya diri sehingga terhindar dari depresi.

Menjaga berat badan
Berat badan adalah masalah besar terutama untuk mereka yang sibuk bekerja dan malas berolahraga. Olahraga mampu membakar timbunan lemak pada tubuh. Jika Anda berolahraga secara teratur dan menjaga asupan makanan agar tak terlalu banyak lemak, maka berat badan Anda akan selalu terjaga.

Meningkatkan energi
Olahraga dapat memacu jantung lebih cepat memompa darah, sehingga darah yang membawa oksigen dan nutrisi dapat sampai pada organ organ tubuh. Lancarnya peredaran darah yang kaya oksigen dan nutrisi membuat anda mendapatkan energi untuk menjalani kehidupan.

Membuat tidur nyenyak 
Olahraga selain membakar lemak anda juga membuat anda lelap tidur. Alasannya setelah kegiatan fisik, kelelahan setelah itu akan membuat Anda lebih lelap tidur. Jika Anda tidur dengan nyenyak maka konsentrasi akan terjaga dan tubuh akan menjadi bugar.

Meningkatkan gairah seksual
Tidak ada yang lebih merusak gairah seksual selain rasa lelah karena tubuh tidak fit. Berolahraga dapat membantu mencegah difungsi ereksi pada pria dan meningkatkan gairah seksual pada wanita.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga, yaitu, makan satu jam sebelum olahraga. Selain sebagai tambahan tenaga, makan dapat membuat Anda kuat dan tidak mudah lelah. Namun, berikan jeda waktu antara sesudah makan dengan sebelum olahraga, agar badan tidak kaget. Hindari kopi, soda, dan alkohol. Ketiga minuman tersebut tidak baik bagi tubuh, karena bahan-bahan yang di dalamnya dapat memicu sakit maag datang. Lakukan pemanasan sebelum olahraga.

Naahh dah pada tau kan,..
Olahraga yang teratur yeaah,..
Semoga badan kita makin tambah sehaat teruus,..

Sumber :
http://health.okezone.com/read/2012/12/10/486/729797/sejuta-manfaat-olahraga-bagi-tubuh
http://www.deherba.com/apa-manfaat-olahraga.html
Share this article :

0 komentar:

Translate

Visitors

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Extrakulikuler Ibnul Qoyyim Putra - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template